Senin, 18 Februari 2013

PERMAINAN BOLA BESAR (LENGKAP DENGAN UKURAN LAPANGAN)



PERMAINAN BOLA BESAR (LENGKAP DENGAN UKURAN LAPANGAN)

Ukuran Lapangan Voli
            Selain sepak bola, olahraga bola voli juga merupakan salah satu jenis olahraga rakyat yang sangat populer. Olahraga ini dimainkan oleh 2 team dimana masing - masing teamnya beranggotakan 6 orang. Ukuran lapangan voli yang ada saat ini terdiri dari 2 jenis, yaitu ukuran lapangan voli dengan standar nasional yang ditetapkan oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) dan ukuran lapangan voli standar internasional sesuai dengan ketetapan FIVB (Federation Internationale de Volleyball).

Berikut ini adalah ukuran lapangan voli secara umum:
  • Lapangan voli berpentuk persegi panjang
  • Ukuran lapangan voli: lebar 9 meter dan panjang 18 meter
  • Garis tengah yang merupakan tempat net berada di 9 meter dari ujung lapangan sehingga membelah lapangan voli menjadi 2 bagian.
  • Garis batas serang pemain adalah 3 meter dari garis tengah lapangan
  • Garis tepi lapangan dibuat setebal 5 cm
  • Jarak antara garis tepi langan (free area) adalah sepanjang 3 - 5 meter dimana pada wilayah tersebut tidak diperbolehkan adanya papan iklan, penonton, dll
  • Sedangkan area serve berada pada 3 - 8 meter dari garis luar lebar lapangan

** Keterangan:
Terdapat perbedaan ukuran tinggi net bagi putra dan putri. Untuk putri, tinggi netnya 2,24 meter dan untuk pria tinggi netnya bisa mencapai 2,44 meter

Yang harus diingat dalam permainan bola voli adalah adanya 4 peran penting dalam sebuah tim. Yaitu: setter atau yang biasa juga disebut dengan tosser, smash atau yang biasa disebut dengan spiker, libero, dan pemain bertahan atau yang juga disebut dengan defender. Tosser sendiri bertugas sebagai pengumpan bola. Sedangkan spiker bertugas untuk memukul bola. Pemain bagian libero merupakan pemain yang bertahan dan bebas namun tidak boleh melakukan smash. Lain halnya dengan pemain bagian defender bertugas untuk bertahan / menghalau dari serangan tim lawan.
Lapangan, Waktu, dan Jumlah Pemain Bola Basket
Bentuk lapangan permainan bola basket adalah persegi panjang dengan ukuran panjang lapangan yaitu 26 meter serta lebar lapangan yaitu 14 meter. Tiga buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan basket memiliki panjang jari-jari yaitu 1,80 meter.

Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah 5 orang dalam satu regu dengan cadangan 5 orang. Sedangkan jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang. Wasit I disebut Referee sedangkan wasit II disebut Umpire.

Waktu permainan 4 x 10 menit. Di antara babak I, II, III, dan babak IV terdapat waktu istirahat selama 10 menit. Bila terjadi skor yang sama pada akhir pertandingan harus diadakan perpanjangan waktu sampai terjadi selisih skor. Di antara dua babak tambahan terdapat waktu istirahat selama 2 menit. Waktu untuk lemparan ke dalam yaitu 5 detik.

Keliling bola yang digunakan dalam permainan bola basket adalah 75 cm - 78 cm. Sedangkan berat bola adalah 600 - 650 gram. Jika bola dijatuhkan dari ketinggian 1,80 meter pada lantai papan, maka bola harus memantul kembali pada ketinggian antara 1,20 - 1,40 meter.

Panjang papan pantul bagian luar adalah 1,80 meter sedangkan lebar papan pantul bagian luar adalah 1,20 meter. Dan panjang papan pantul bagian dalam adalah 0,59 meter sedangkan lebar papan pantul bagian dalam adalah 0,45 meter.

Jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah adalah 2,75 meter. Sementara jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket adalah 0,30 meter. Ring basket memiliki panjang yaitu 0,40 meter. Sedangkan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir adalah 1 meter.

Panjang garis tengah lingkaran pada lapangan basket adalah 1,80 meter dengan ukuran lebar garis yaitu 0,05 meter. Panjang garis akhir yang menghubungkah lingkaran daerah serang yaitu 6 meter. Sedangkan panjang garis tembakan hukuman yaitu 3,60 meter.


0 komentar:

Poskan Komentar