Popular posts

Shaw Dalli On Senin, 18 Februari 2013



KERAJAAN MELAYU (Lengkap)
 SUMBER SEJARAH
          Kerajaan Melayu merupakan salah satu kerajaan tertua di Indonesia. Berdasarkan bukti-bukti sejarah yang bisa ditemukan, Kerajaan Melayu diperkirakan berpusat di daerah Jambi, tepatnya di tepi alur Sungai Batanghari. Di sepanjang alur Sungai Batanghari ditemukan banyak peninggalan berupa candi dan arca.
          Sumber sejarah lain yang dapat dipergunakan sebagai petunjuk keberadaan Kerajaan Melayu adalah catatan dari seorang pengelana dari Cina yang bernama I-Tsing ( 671-695 ). Ia menyebutkan bahwa pada abad ke-7 M terdapat sebuah kerajaan bernama Kerajaan Melayu yang secara politik dimasukan kedalam wilayah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya. Dari cerita I-Tsing, diketahui bahwa Kerajaan Melayu terletak di dekat Selat Malaka yang merupakan jalur perdagangan terdekat antara India dan Cina. Keberadaan Kerajaan Melayu baru kita peroleh kembali beritanya dari abad ke-13 M. Menurut Kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca,  pada tahun 1275 M Raja Kertanegara dari Kerajaan di Jawa melakukan ekspedisi penaklukan ke Sumatera. Ekspedisi tersebut disebut ekspedisi Palamayu.
          Setelah cukup lama di bawah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Melayu muncul kembali sebagai pusat kekuasaan di Sumatra. Pada abad ke- 17 M, Adityawarman putra Adwayawarman memerintah Kerajaan Melayu. Adityawarman memerintah hingga tahun 1375 M. Kemudian, digantikan oleh anaknya Anangwarman.