Popular posts

Shaw Dalli On Jumat, 14 Juni 2013

Metode Berenang Gaya Bebas Secara Cepat

lomba renang
Ada berbagai macam gaya berenang yang dapat Anda praktikkan sebagai pemula, salah satunya adalah berenang gaya bebas. Renang gaya bebas memang ditujukan untuk para pemula yang ingin belajar berenang tanpa terikat oleh teknik-teknik tertentu. Perlu kesabaran dan ketekunan untuk dapat mahir dalam berenang dan berikut ini adalah tips yang dapat Anda terapkan untuk belajar berenang dengan gaya bebas. Teknik berenang dengan gaya bebas dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu gerakan kaki, gerakan tangan dan gerakan kombinasi tangan, kaki dan mengambil nafas. Berikut ini akan dijelaskan masing-masing teknik untuk mempelajari berenang dengan gaya bebas.



Teknik untuk melakukan berenang dengan gaya bebas

  1. Gerakan kaki. Pelajaran pertama yang harus dipraktikkan adalah menggerakkan kaki ke arah atas dan bawah seperti berjalan kaki secara bergantian. Dalam gerakan ini, kaki dan paha harus dalam posisi lurus dan lutut tidak boleh ditekuk. Ulangi gerakan ini secara berulang-ulang sebagai dasar untuk berenang dengan gaya bebas.
  2. Gerakan tangan. Gerakan pada tangan ini dibagi menjadi 5 kategori. Kategori pertama yaitu posisi awal dimana posisikan kedua tangan lurus di atas kepala. Usahakan telapak tangan dalam posisi berdekatan tetapi tidak sampai menempel. Setelah posisi kedua tangan sudah di atas kepala, tarik tangan kiri Anda ke bawah sampai ke belakang. Kemudian, angkat tangan kiri keluar dari permukaan air. Dalam posisi ini, ayunkan tangan kiri tersebut ke depan sejauh mungkin yang Anda bisa. Ketika tangan kiri diangkat dari permukaan air, gerakkan tangan kanan Anda ke bawah sampai belakang sehingga akan ada gilirian antara tangan kiri ke atas dan tangan kanan ke bawah dan seterusnya.
  3. Jari-jari tangan. Jangan sampai Anda membuka jari-jari tangan Anda, karena hal itu akan mengurangi gaya dorong yang timbul. Yang benar, rapatkanlah satu sama lain, ketika tangan Anda melakukan kayuhan dan ekstensi. Satu-satunya saat dimana Anda tidak harus melakukannya adalah ketika tangan Anda melakukan recovery.
  4. Teknik berenang gaya bebas yang berikutnya adalah gerakan kombinasi tangan, kaki dan mengambil nafas. Pengambilan nafas ini dilakukan ketika tangan kiri Anda ayunkan ke depan untuk masuk ke dalam air kembali. Pada saat ini, tangan kanan naik ke permukaan air. Gerakan tersebut dibarengi dengan gerakan kepala ke kanan untuk mengambil nafas di atas permukaan air. Gerakan pengambilan nafas ini dapat Anda lakukan sesuai dengan kenyamanan Anda baik dengan menggerakkan kepala ke kiri atau kanan.
  5. Lakukan kayuhan mulai dari saat berakhirnya ekstensi sampai dengan tangan Anda melampaui sisi paha Anda. Jangan sekali-kali mengeluarkan tangan Anda sebelum tangan Anda menyentuh sisi paha Anda, meskipun Anda kelelahan.


    berenang gaya bebas

Selain teknik berenang gaya bebas di atas, Anda juga dapat menerapkan beberapa tips berikut ini :
  • Ketika sedang mengambil nafas atau ketika sedang melakukan gerakan lain, usahakan kaki Anda untuk terus bergerak. Selain kaki yang terus bergerak, tangan kanan dan kiri juga usahakan untuk terus bergerak secara bergantian.
  • Kemudian, saat mengambil nafas, gerakkan kepala Anda kembali ke dalam air secara cepat dan tidak perlu menunggu gerakan tangan kanan atau kiri sampai selesai.
  • Terakhir, untuk mempercepat gerakan berenang gaya bebas disarankan untuk mengambil nafas setelah 2 atau 3 kali gerakan tangan.

Semoga langkah-langkah cara berenang gaya bebas di atas bermanfaat untuk anda